Program Kerja

Kegiatan Rutin Tiap Semester

  1. Persiapan dan pelaksanaan praktikum motor bakar yang sesuai dengan kurikulum serta silabus mata kuliah Mesin- Mesin Termal meliputi Percobaan mengenai Mesin Otto dan Mesin Diesel dan analisa gas buang dengan menggunakan gas analyser dan alat Orsat Apparatus dari Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.
  2. Memfasilitasi kegiatan Penelitian Mahasiswa ( S1 & S2 )
  3. Melakukan pengujian kegiatan Penelitian Umum (Dosen, Mahasiswa dan Umum) yang berkaitan dengan karakerisasi bahan bakar meliputi Nilai Kalor, Nilai Titik Nyala Api, Nilai Viskositas, Nilai Densitas, Kadar Air, Analisa Gas Buang, dan Uji Performa.

Kegiatan Jangka Pendek

  1. Inventarisasi peralatan yang berkaitan dengan Praktikum Motor Bakar serta perawatan dan perbaikan peralatan yang masih layak untuk digunakan.
  2. Inventarisasi peralatan yang tidak layak serta membuat daftar pengajuan peralatan pengganti.
  3. Evaluasi Manual Operating ( MOP ), Standart Operating Procedure        ( SOP ) dan Module Praktikum serta perbaikannya.
  4. Evaluasi dan perbaikan peraturan yang berkaitan dengan kegiatan di Laboratorium Motor Bakar.
  5. Pembuatan Information Brand dan Postering hasil penelitian terbaru oleh mahasiswa atau dosen yang berkaitan dengan motor bakar serta menggunakan fasilitas Laboratorium Motor Bakar.
  6. Inovasi dan pengadaan peralatan pendukung kegiatan penelitian di bidang Motor Bakar.

Kegiatan Jangka Panjang

  1. Menjalin serta mengembangkan kerjasama dengan institusi dari luar Jurusan Teknik Mesin Universitas Brawijaya.
  2. Penyusunan kembali dan perbaikan ruang – ruang perangkat Laboratorium Motot Bakar ( Kepala Laboratorium, dan Asisten ) serta peralatan.